Jumat, 19 Desember 2008

TO I - III FAJAR GUSRIYADI

Jawaban TO I-III PKN

Mata Kuliah : PKN
Nama : Fajar Gusriyadi
NIM : 282007173
Kelas : P07S2B
Kabupaten : Wonosobo



Jawaban TO I PKN

1. Amati Tri Pusat Pendidikan yang mencakup pendidikan informal,formal dan non formal, di lokasi anda tinggal. Bei contoh nama lembaga dan siapa saja yang menjadi pebelajarnya.
Jawab.
a. Tripusat pendidikan yang mencakup pendidikan informal di lingkungan kita.
Contoh : keluarga dan lingkungan
Pembelajarannya : Semua Anggota Keluarga.
b. Tripusat pendidikan yang mencakup pendidikan formal di wilayah kita :
Menyekolahkan anak sesuai dengan jenjang usianya, misal :
- 5 – 7 tahun masuk TK
- 7 -13 tahun maasuk SD
- 13 – 16 tahun masuk SMP
- -16 – 19 tahun masuk SMU
Nama lembaganya : Departemen Pendidikan Nasional
Pembelajarnya : Guru dan Dosen
c. Tripusat pendidikan yang mencakup pendidikan non formal diwilayah kita :
Misal :
- Pondok Pesantren
- Sanggar – sanggar
- Kursus-kursus
- BLK
- TPA
- PAUD
Nama Lembaganya : Yayasan / perorangan
Pembelajarnya : Kyai, Tenaga Ahli, Dan Nara sumber, Guru

2. Bandingkan pendapat ketiga tokoh tersebut pada proses terjadinya interaksi antar informasi yang masuk dengan kondisi intern siswa yang belajar misalnya, Ausubel berpendapat bahwa yang penting materi yang dipelajari siswa harus bermakna mengapa demikian, jelaskan materi apa saja yang ada pada pelajaran PKn?
Jawaban.
- Bahwa yang penting materi yang dipelajari siswa harus bermakna artinya pembelajaran yang disampaikan baik secara ceramah maupun pembelajaran dengan penemuan yang bermakna yang berindikasi pada perubahan perilaku dan sikap serta pola pikir siswa.
- Materi yang ada dalam pembelajaran PKn
Materi PKn kelas I
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.
Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
Materi PKn kelas II
Membiasakan hidup bergotong royong.
Menampilkan sikap cinta lingkungan.
Menampilkan sikap demokratis.
Menampilkan nilai-nilai Pancasila.
Materi PKn kelas III
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda.
Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat.
Memiliki harga diri sebagai individu.
Memiliki kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia.
Materi PKn kelas IV
Memahami sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan
Memahami sistem Pemerintahan Kabupaten dan Propinsi.
Mengenal sistem Pemerintahan Tingkat Pusat.
Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.
Materi PKn kelas V
memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
Memahami kebebasan berorganisasi.
Menghargai keputusan bersama.
Materi PKn kelas VI
Menghargai nilai-nilai juang dalam perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Memahami sistem Pemerintahan Republik Indonesia.
Memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara Asia Tenggara.
Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

3. Guru yang melaksanakan itu pasti guru yang kreatif, hal ini terlihat bahwa materi yang disajikan merupakan materi yang bermakna bagi siswa. Coba kaitkan hal ini dengan teori Ausubel.
Jawaban :
Teori menjelaskan bahwa inti dari pembelajaran ini adalah pembelajaran yang bermakna. Bermakna mempunyai arti yang luas yaitu :
pembelajaran yang mampu mengubah pola pikir siswa
- pembelajaran yang mampu mengubah sikap dan tingkah laku siswa
- pembelajaran yang mampu menemukan hal-hal yang yang bermakna dan memaknai.
4. Tiga hukum tersebut adalah hukum kesiapan, hukum latihan, dan hukum akibat.
Jawaban :
- Hukum kesiapan
Dalam bertindak seseorang mempunyai keinginan sehingga ia sudah mempersiapkan diri untuk melakukan dan menerima hasilnya, bi dilakukan akan puas,bila tidak dilakukan akan melakukan tindakan yang lain
Ciri-ciri :
Jika seorang ingin bertindak dan keinginan ini dilaksanakan, maka dia akan puas dan tidak melakukan tindakan yang lain.
Jika seorang ingin bertindak dan tidak dilaksanakan maka dia tidak puas dan akan melakukan tindakan yang lain.
Jika tidak bertindak dan melakukan tindakan dan melakukan tindakan itu, maka dia merasa tidak puas dan akan melakukan tindakan lain.
- Hukum Latihan.
Untuk memperoleh hasil yang baik guru perlu sering memberikan latiahan ( drill) dimana latihan ini sifatnya mengulang untuk menguatka maka perlu diberikan hadiah/ganjaran.
- Hukum Akibat.
Jika hubungan stimulur dan repon kuat maka akan medapatkan hasil yang baik,jika hasinya jelekmaka hubungan stimulus dan respon juga renggang.




Jawaban Tugas Pkn 2

Analisis materi PKn SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 terhadap 4 Standar Kompetensi dalam kurikulum 2006 yang belum tercantum di Buku Bahan Ajar ditinjau dari Konsep, Nilai, Moral, dan Norma untuk membentuk warganegara yang baik.

A. Kelas III Semester I

Standar Kompetensi : Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Menerapkan makna Sumpah Pemuda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.
a. Merupakan nama Konsep Sumpah Pemuda
b. Misalnya, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, mencintai tanah air Indonesia.
c. Ciri-cirinya yaitu : Bangga berbahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, mengikuti upacara bendera sebagai wujud cinta tanaha air.
d. Aturannya : Merupakan hubungan antar individu dengan bangsa dan negara atas dasar rasa persatuan dan kesatuan.
Nilai : Memantapkan rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara dalam memahami dan menerima perbedaan
Moral atau moralitas : Memantapkan perasaan hati bangga berbangsa Indonesia, menjunjungb ahasa Indonesia dan cinta tanah air Indonesia.
Norma : Untuk memahami dan mengamalkan makna Sumpah Pemuda diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, kesusilaan, dan norma hukum.
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik dan cinta tanah air


B. Kelas IV Semerter II

Standar Kompetensi : Mengenal pemerintahan tingkat pusat

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Memahami sistim pemerintahan tingkat pusat.
a. Merupakan nama Konsep Sistim pemerintahan pusat
b. Misalnya, sistim pemilihan presiden dan wakil presiden.
c. Ciri-cirinya yaitu : mau memperlajari dan memahami pembelajaran di sekolahnya tentang materi tersebut dan menghormati sistim yang berlaku.
d. Aturannya : Merupakan hubungan antar individu dengan pemerintah pusat.
Nilai : Mengetahui struktur dan sistim dalam kelembagaan, serta mematuhi sistim tersebut sesuai dengan nilai dalam falsafah hidupnya.
Moral atau moralitas : Dapat membentuk moral paham pada sistim pemerintahan pusat dan ada upaya untuk mengikuti sistim tersebut merupakan moral yang diharapkan.
Norma : Untuk memahami dan mematuhi sistim diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, dan kesusilaan.
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik dan memahami sistim pemerintahan pusat.

C. Kelas IV Semester I

Standar Kompetensi: Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negaranya.

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
a. Merupakan nama Konsep sejarah perumusan Pancasila.
b. Misalnya, mengetahui tokoh-tokoh perumusan Pancasila,mengetahui hambatan-hambatan dalam proses merumuskan Pancasila dalam menyatukan pendapat antar tokoh yang terlibat.
c. Ciri-cirinya yaitu : Menghafal sila-sila dalam Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Aturannya : Menghargai nilai-nilai juang dapat terbentuk dengan mengetahui dan meneladani kegigihan para pejuang dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.
Nilai : Menghargai nilai-nilai juang merupakan sikap yang terpuji karena hal itu menunjukkan bahwa mereka juga menghargai jasa para pahlawan.
Moral atau moralitas : Untuk dapat bersikap dan berperilaku menghargai nilai-nilai juang diperlukan sikap moral dalam menghargai semangat dan keteladanan yang dimiliki para pejuang bangsa.
Norma : Untuk menumbuhkan sikap menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, dan kesusilaan.
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik sehingga mau menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

D. Kelas II Semster I

Standar Kompetensi : Menampilkan Sikap Cinta Lingkungan

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Menerapkan hidup mencintai lingkungan.
a. Merupakan nama Konsep suka menciptakan llingkungan
b. Misalnya, Suka menanam bunga, merawat tanaman, menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.
c. Ciri-cirinya yaitu : Berkebun, merawat taman, dan suka membuang sampah pada tempatnya..
d. Aturannya : Merupakan hubungan timbal balikk antara manusia dengan lingkungan
Nilai : Hidup penuh keindahan dan estetika
Moral atau moralitas : Untuk menciptakan keindahan diperlukan perilaku yang bersih dan rajin.
Norma : Untuk menumbuhkan perilaku yang mencintai lingkungan diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, dan kesusilaan.
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik dengan membiasakan mencintai lingkungan hidupnya.





Jawaban To 3 Pkn


A. Jika saya akan membelajarkan materi Membiasakan Hidup Gotong Royong pada kelas II SD semester I.

1. Model pembelajaran yang akan saya pilih adalah model pembelajaran Induktif.
2. Metode pembelajaran yang akan saya gunakan adalah ceramah, Tanya jawab, dan penugasan.
3. Langkah-langkah yang akan saya tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut
adalah :
a. Seorang siswa diajak membaca bacaan “ Bermain Bersama”
b. Siswa diajak tanya jawab tentang isi bacaan
c. Siswa diarahkan bahwa saat ini akan membahas mengenai kerukunan dan gotong – royong
d. Guru memajang gambar di papan tulis
e. Siswa memperhatikan gambar-gambar yang ditunjuk oleh guru sambil tanya jawab tentang gambar tersebut
f. Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menunjukkan gambar yang mencerminkan kerukunan dan kegotong-royongan
g. Salah satu siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan ketidakrukunan
h. Siswa dengan bimbingan guru mencari arti penting hiduprukun, saling berbagi, dan gotong-royong serta akibat apabila tidak hidup rukun, tidak saling berbagi, dan tidak gotong-royong.
4. Media pembelajaran yang akan saya gunakan adalah media gambar tentang kegiatan gotong-royong, gambar adik dan kakak yang bermain bersama, gambar kakak adik yang sedang bertengkar , dan gambar anak yang sedang menangis.
5. Alat penilaian yang akan saya terapkan adalah Tes lisan, portofolio, tes tertulis, dan penugasan.

B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada
kelas VI SD semester 2.

6. Model pembelajaran yang akan saya gunakan adalah CBSA( Cara Belajar siswa Aktif)
7. Metode pembelajaran yang akan saya gunakan adalah diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab
8. Langkah-langkah yang akan saya tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut adalah :
a. Siswa di bagi menjadi 4 kelompok.
b. Siswa berdiskusi dalam kelompok :
Klp I : Berdiskusi tentang peran Indonesia dalam PBB dan normalisasi
hubungan dengan Malaysia
Klp II : Berdiskusi tentang peran Indonesia dalam ASEAN
Klp III : Berdiskusi tentang peran Indonesia sebagai salah satu pendiri
GNB
Klp IV : Berdiskusi tentang peran Indonesia dalam APEC
c. H asil diskusi kelompok dibacakan oleh masing masing wakil kelompok di depan kelas secara bergantian dari kelompok I-IV
d. Guru menuliskan rangkuman di papan tulis
e. Bersama gurum, siswa mengambil kesimpulan mengenai peran serta Indonesia dalam berbagai organisasi internasional
9. Media pembelajan yang akan saya gunakan adalah buku, radio, TV.
10. Alat penilaian yang akan saya gunakan adalah tanya jawab, tes tertulis

Tidak ada komentar: