Minggu, 21 Desember 2008

To 1 - 4

Nama : Kurniawan W
Nim : 282007179
Kelas : P07S2B

TUGAS TO 1 PKN

1. Amati Tri Pusat Pendidikan yang mencakup pendidikan informal, formal dan
nonformal, di lingkungan tempat tinggal Anda.Beri contoh nama lembaga dan siapa saja yang menjadi pembelajarnya.
• Pendidikan informal (lingkungan keluarga) Keluarga Bapak Kuntarto yang menjadi pembelajarnya adalah kedua orang tua beserta kakak
• Pendidikan formal ( lingkungan sekolah ) SD 1 Wadaslintang yang menjadi pembelajarnya adalah semua Guru yang berada di bawah komando kepala sekolah yaitu Bapak Ngadenan.
• Pendidikan non formal (lingkungan masyarakat )kejar paket A yang menjadi pembelajarnya adalah bapak Purdianto yang mengajar para orang yang masih buta huruf

2. Bandingkan pendapat ketiga tokoh tersebut pada proses terjadinya interaksi antar
informasi yang masuk dengan kondisi intern siswa yang belajar. Misalnya,
Ausubel berpendapat bahwa yang penting materi yang dipelajari siswa harus bermakna. Bagaimana
pendapat tokoh yang lain?
• Pendidikan informal (Bapak Kuntarto ) membimbing anak dalam mengerjakan PR / tugas sekolah dan sifatnya hanya melanjutkan tugas guru di sekolah. agar siswa lebih mengerti tentang materi yang di berikan di sekolah.
• Pendidikan formal (Bapak Ngadenan )mengajarkan pada membaca ,menulis, berhitung serta menekankan kepada siswa agar lebih memahami tentang semua materi yang di berikan.
Pendidikan Non formal ( Bapak Purdianto ) mengajarkan bagaimana cara mengenal huruf .Dan intinya agar siswanya dapat membaca dan menulis

3. Coba Anda jelaskan satu penerapan teori Ausubel tersebut pada materi PKn SD!
Penerapan teori Asaubel pada materi PKN SD yang lebih menekankan bagaimana cara berceramah yang bermakna bagi siswa. Misalkan guru mengajarkan tentang materi keramah tamahan kepada siswa.maka selain guru menjelaskan pengertian keramah tamahan guru juga harus memberikan contoh -contoh ramah tamah yang yang berada dilingkungan siswa itu sendiri.misal saling menyapa kepada teman / tetangga.Dengan demikian penjelasan dari guru tersebut dapat dikombinasikan dengan pengalaman siswa sehari -hari apakah mereka sudah ramah atau belum kepada tetangga /temannya.Sehingga dari penjelasan dan contoh- contoh tersebut siswa dapat mengerti apa itu yang di maksud dengan keramah tamahan yang merupakan ciri khas dari bangsa Indonesia.

4. Buatlah masing-masing satu contoh scenario pembelajaran PKn SD dengan model pemb. Deduktif dan induktif!
Materi PKN kelas 3 SD tentang Aturan yang berlaku di sekolah
• pembelajaran deduktif :yang pertama kali dijelaskan oleh guru adalah guru menjelaskan tentang pengertian aturan yang ada di sekolah kemudian guru memberikan contoh aturan- aturan tertulis di sekolah antara lain: harus hadir paling lambat 15 menit sebelum bel di bunyikan,berpakaian seragam lengkap,menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah,dilarang membawa senjata tajam, setiap hari senin wajib mengikuti upacara.
• Pembelajaran induktif.: yang pertama kali dijelaskan oleh guru adalah guru menyebutkan harus hadir paling lambat 15 menit sebelum bel di bunyikan,berpakaian seragam lengkap,menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah,dilarang membawa senjata tajam, setiap hari senin wajib mengikuti upacara.Kemudian Guru bersama siswa menyimpulkan bahwa itulah aturan -aturan tertulis yang ada di sekolah.

Nama : Kurniawan Widiatmoko
NIM : 282007179
Kelas : P07S2B

Jawaban TO 2 PKn

Analisis materi PKn SD kelas VI semester 1
1. Standar Kompetensi: Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negaranya.

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
a. Merupakan nama Konsep sejarah perumusan Pancasila.
b. Misalnya, mengetahui tokoh-tokoh perumusan Pancasila,mengetahui hambatan-hambatan dalam proses merumuskan Pancasila dalam menyatukan pendapat antar tokoh yang terlibat.
c. Ciri-cirinya yaitu : Menghafal sila-sila dalam Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
d. Aturannya : Menghargai nilai-nilai juang dapat terbentuk dengan mengetahui dan meneladani kegigihan para pejuang dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.
Nilai : Menghargai nilai-nilai juang merupakan sikap yang terpuji karena hal itu menunjukkan bahwa mereka juga menghargai jasa para pahlawan.
Moral atau moralitas : Untuk dapat bersikap dan berperilaku menghargai nilai-nilai juang diperlukan sikap moral dalam menghargai semangat dan keteladanan yang dimiliki para pejuang bangsa.
Norma : Untuk menumbuhkan sikap menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, dan kesusilaan.
Tujuan : Membentuk warga negara yang baik sehingga mau menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.


2. Standar Kompetensi: Memahami sistem pemerintahan republik Indonesia

Analisis Muatan Materi :

Konsep : Sistem pemerintahan republik Indonesia
a. Merupakan konsep pemerintahan republik indonesia.
b. Misalnya, memahami proses pemilu dan pilkada, mengetahui lembaga- lembaga negara yang sesuai dengan UUD 1945 hasi amandemen, pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
c. Ciri-cirinya yaitu mengetahui dan menerima hasil pemilu dan pilkada tahun yang lalu, mengetahui pemerintah daerah dan pemerintah pusat negara indonesia.
d. Aturannya : merupakan hubungan antara individu dan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.
Nilai : Mengetahui dan mematuhi aturan sistem pemerintahan republik indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945.
Moral atau moralitas :Dapat membentuk moral paham pada sistem pemerintahan republik indonesia dan ada upaya untuk mengikuti sistem tersebut merupakan moral yang diharapkan.

Norma : Untuk memahami dan mematuhi sistem pemerintahan Indonesia diperlukan norma agama, kebiasaan, kesopanan, dan kesusilaan.

Tujuan : Membentuk warga negara yang baik dan memahami serta mau menghargai dan mematuhi sistem pemerintahan republik indonesia.




Nama : Kurniawan W.
NIM : 282007179
Kelas : p07s2b

Jawaban To 3 PKN
A. Anda akan membelajarkan materi Membiasakan Hidup Gotong Royong pada kelas
II SD semester I.

1) Model pembelajaran apa yang Anda pilih?
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran diskusi.
2) Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?
Metode pembelajaran gabungan antara ceramah , Tanya jawab , demonstrasi.dan
latihan.
3) Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
 Menyiapkan alat peraga berupa alat kebersihan yang ada di kelas
 Guru memberi contoh kepada siswa untuk membersihan kelas dengan alat-alat yang sudah dipersiapkan secara bersama-sama
 Setelah selesai guru bertanya jawabdengan tentang apa yang telah di kerjakan
 Kemudian guru menjelaskan bahwa yang telah dilakukan bersam tadi adalah satu bentuk gotong-royong .
4) Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?
Melalui media gambar , alat-alat kebersihan dan buku pelajaran yang di gunakan.
5) Alat penilaian apa yang Anda terapkan?
Alat penilaian melalui , tes lisan , portofolio tentang hidup gotong royong.




B. Memahami Peran Politik Luar Negeri Indonesia dalam Era Globalisasi pada
kelas VI SD semester 2.
6) Model pembelajaran apa yang Anda pilih?
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran tanya jawab.
7) Metode pembelajaran apa yang Anda gunakan?
Metode pembelajaran gabungan antara metode Tanya jawab dan metode
demonstrasi.
8) Langkah-langkah apa yang Anda tempuh untuk melaksanakan pembelajaran tersebut?
 Mempersiapakan alat peraga berupa ,hp,Koran, radio
 Guru menjelaskan kegunaan dari masing –masing alat peraga tersebut
 Misalnya mendengarkan radio/membaca Koran tentang berita yang
 terjadi luar negri.
 Kemudian guru menjelaskan apa yang terjadi diluar negri dapat kita
 Ketahui dengan cepat dengan cara melihat televisi,membaca Koran atau mendengarkan radio maupun melalui hp.
 Sedangkan yang berhubungan dengan politik luar negri misalnya presiden atas nama bangsa Indonesia ikut prihatin atas kekerasan yang terjadi di Tibet.
9) Media pembelajaran apa yang Anda gunakan?
Media pembelajaran melalui gambar , alat komunikasi berura hp dan radioI ,
koran buku pelajaran.
10) Alat penilaian apa yang Anda terapkan?
Alat penilaian portofolio tentang hal-hal yang berhubungan dengan era
globalisasi.

Nama : Kurniawan W.
Nim : 282007179
Kelas : p07s2b
TO 4 PKN

Tes buatan guru mata pelajaran PKn kelas III !
I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Makna dari satu nusa adalah ....
a. Memiliki satu bangsa Indonesia
b. Mempunyai satu bahasa Indonesia
c. Memiliki satu tanah air Indonesia
d. Mempunyai satu bendera Merah-Putih
2. Bahasa persatuan kita yaitu bahasa ....
a. Jawa
b. Sunda
c. Madura
d. Indonesia
3. Nama lain dari pulau adalah ....
a. Laut
b. Nusa
c. Bangsa
d. Negara
4. Perbedaan yang ada pada bangsa kita adalah kekayaan. Karena itu harus kita ....
a. Hapus
b. Pisahkan
c. Hilangkan
d. Lestarikan
5. Pada dasarnya semua anak Indonesia ....
a. Pandai
b. Berbeda
c. Barsaudara
d. Terpisah
6. Bahasa pergaulan tiap suku disebut bahasa ....
a. Suku
b. Jawa
c. Daerah
d. Sunda
7. Sumpah pemuda artinya ....
a. Lambing pemuda Indonesia
b. Semboyan pemuda Indonesia
c. Lagu para pemuda Indonesia
d. Ikrar para pemuda Indonesia
8. Sikap yang harus kita teladani dari para tokoh pemuda yaitu ....
a. Mementingkan orag lain
b. Mementingkan diri sendiri
c. Mendahulukan keluarga sendiri
d. Mendahulukan kepentingan bangsa
9. Dengan persatuan dan kesatuan, masalah yang berat menjadi terasa ....
a. Kecil
b. Mudah
c. Murah
d. Ringan
10. Aturan yang mengikat warga dalam masyarakat disebut ....
a. Darma
b. Norma
c. Karma
d. Agama
11. Menengok tetangga yang sakit adalah contoh norma ....
a. Desa
b. Rumah
c. Masyarakat
d. Sekolah
12. Aturan dibuat untuk menjaga ....
a. Ketertiban
b. Keindahan
c. Perdamaian
d. Kebahagiaan
13. Jika tidak ada aturan, kehidupan masyarakat menjadi ....
a. Indah
b. Kacau
c. Tertib
d. Nyaman
14. Salah satu kewajiban anak dalam keluarga yaitu ....
a. Berpakaian seragam
b. Ikut kerja bakti di mushola
c. Mentaati nasehat orang tua
d. Mengucapkan salam bila bertemu guru
15. Bila kita tidak mematuhi aturan, akan mendapat .
a. Dosa
b. Sanksi
c. Hadiah
d. Pahala
16. Berikut ini norma di masyarakat kecuali
a. Mengetuk pintu ketika bertamu
b. Setiap warga harus ikut kerja bakti
c. Setiap siswa harus tidak boleh dating terlambat
d. Tidak boleh gaduh di dekat tempat ibadh
17. Menengok tetangga yang sedang sakit adalah contoh norma di……
a. Desa
b. Rumah
c. Masyarakat
d. Sekolah
18. Berikut ini yang bukan merupakan cinta tanah air, yaitu….
a. Gemr mempelajari budaya asing
b. Mementingkan diri sendiri
c. Mendahulukan keluarga sendiri
d. Mendahulukan kepentingan bangsa
19. Sumpah Pemuda artinya…..
a. Lambang Pemuda Indonesia
b. Semboyan Pemuda Indonesia
c. Lagu para Pemuda Indonesia
d. Ikrar para Pemuda Indonesia
20. Lautan yang membatasi pulau-pulau bukan sebagai pemisah,melainkan sebagai…bangsa
a. Penyatu
b. Perusak
c. Pembatas
d. Penghalng
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Agar negara kita tetap utuh, kita harus ….
2. Sumpah Pemuda dilaksanakan di kota ….
3. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh ….
4. Adanya norma untuk … kehidupan masyarakat.
5. Bila kita mentaati norma dalam masyarakat, hidup menjadi aman dan …
6. Menghormati orang tua adalah contoh norma dalam ….
7. Contoh pelaksanaan norma agama di sekolah yaitu ….
8. Anak yang suka bertengkar akan … teman.
9. Bila melanggar aturan lalu lintas, akan membahayakan diri sendiri dan ….
10. Contoh aturan di masyarakat, misalnya tamu bermalam lebih dari 24 jam harus ….
III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Sebutkan isi Sumpah Pemuda !
Jawab : ….

2. Sebutkan 3 contoh perilaku cinta tanah air!
Jawab : ….
3. Sebutkan 3 norma yang ada di masyarakat!
Jawab : ….
4. Sebutkan 3 tata tertib yang ada di sekolah !
Jawab : ….
5. Sebutkan 3 kegiatan yang menunjukan persatuan dan kesatuan !
Jawab : ….

IV. Berilah tanda ( V ) pada kolom yang sesuai dengan pendapatmu !


NO Pernyataan Setuju Kurang Setuju Tidak Setuju
1 Menyanyikan lagu kebangsaan dengan sikap sempurna
2 Mengikuti upacara dengan tertib, bila dilihat oleh guru
3 Berbahasa Indonesia yang baik hanya di sekolahan saja
4 Kita harus menghormati terhadap siapapun
5 Belajar klompok dengan teman yang pandai saja
6 Tidak bekerja sama ketika ulangan
7 Tidak mengakui kesalahan sendiri
8 Membiarkan teman yang sedang berkelahi
9 Bertutur kata dengan sopan
10 Minta permisi ketika lewat di depan orang lain










2. rancang alat penilaian mata pelajaran PKn SD untuk kelas I s/d kls 6

1) Kelas I

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling benar !
1. Contoh hidup rukun dengan adik ……
a. Membiarkan dik menangis
b. Bermain dengan adik
c. Memarahi adik
2. Contoh hidup rukun dengan kakak…
a. Bertengkar dengan kakak
b. Marah kepada kakak
c. Belajar bersama kakak
d. Bertengkar kepada kakak
3. jalan pagi bersama adalah hidup rukun dalam…..
a. Bermain
b. Berolah raga
c. Beribadah
4. Contoh hidup rukun dalam beribadah di rumah
a. Berdoa bersama keluarga
b. Berddoa sendiri
c. Belajar sendiri
5. Contoh hidup rukun dengan teman sekelas
a. Memaafkan teman
b. Membeda-bedakan teman
c. Mengejek teman
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Belajar bersama dengan kakak merupakan salah satu bentuk hidup…….
2. Jika kamu bersalah kepda teman kamu sebaiknya kamu…..
3. Memaafkan kesalahan orang lain merupakan perbuatan



Soal
Baca soal dibawah ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Hidup rukun perlu diterapakan dimanapun kita berada
2. Kita hanya boleh berteman dengan orang yang pandai saja
3. Memberi pinjaman kepada teman yang memerlukan
Jawaban
N0 Sangat Tidak Setuju Setuju Sangat Setuju
Tidak Setuju
1.
2.
3.








Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )

No Kebisaan Sering Kadang Tidak pernah
1 Menyapa teman dengan sopan
2 Mengucapakan terima kasih
3 Membuang sampah pada temapatnya

2) Kelas II

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling benar !

1. Waktu kecil menabung besok tua…….
a. Beruntung
b. Buntung
c. Kena pentung
2. Hidup hemat dimulai sejak…
a. Kecil
b. Bayi
c. Dewsa
3. Uang yang habis buat jajan berarti tidak punya…..
a. Kesenangan
b. Tabungan
c. Sumbangan
4. Contoh hemat energi…….
a. Tidak menyalakan kompor untuk memasak
b. Tidak menyalakan lampu di siang hari
c. Tidak menyalakan korek api untuk membakar sampah

5. Salah salah satu hidup hemat adalah
a. Menulis sedikit agar hemat buku
b. Belajar sebentar agar hemat listrik
c. Mengurangi jajan agar hemat uang
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Mencoret-coret buku tulis berarti….
2. Menyalakan lampu di siang hari berarti tidak henat…..
3. Berhemat dimulai sejak…………….

Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )

No Sikap Perlu Sangat Perlu Tidak Perlu Sangat tidak Perlu
1 Mengguanakan air seperlunya
2 Meniyisihkan uang jajan untuk ditabung
3 Mencoret-coret buku






Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )
Sikap dan perilaku siswa kelas II dalam berhemat

No Perilaku Selalu Kadang-kadang Tidak pernah
1 Menutup kran setelah tidak dipakai
2 Tidak jajan berlebihan
3 Ke sekolah jalan kaki

3) Kelas III

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar !
1. Bhineka Tunggak Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia yang senantiasa mewujudkan….
a. Keindahan budaya
b. Pelestarian alam
c. Persatuan bangsa
d. Keindahan alam
2. Membela tanah air harus didasari sikap
a. Mawas diri
b. Tanggung jawab
c. Rela berkorban
d. Pantang menyerah
3. Kita bangga bertanah air Indonesia karena bangsa Indonesia…
a. Bangsa penjajah
b. Kaya akan budaya daerah
c. Bekas jajahan Belanda
d. Banyak pendukungnya
4. Bumi, air, dan kekayaan alam Indonesia dikuasai oleh..
a. Pegawai negeri
b. Negara
c. Perusahaan asing
d. Perorangan
5. Kita menghargai orang lain berdasarkan
a. Kekayaan
b. Keluarganya
c. Kepribadianya
d. Kepandaianya
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Apabila kamu dihina oleh teman kamu ,kamu tidak terima karena kamu mempunyai………..
2. Setiap akan berangkat ke sekolah kamu mandi dan menggosok gigi dahulu berarti kamu telah menghargai……….
3. Orang yang memint-minta seperti pengemis berarti…………harga dirinya







Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )

Perilaku Lina dalam menghargai diri sendiri

NO Perilaku Sedang Baik Baik sekali
1 Selalu memperhatikan apabila sedang diajak bicara oleh temanya
2 Selalu memperhatikan jika sedang diajar oleh gurunya
3 Tidak mencontek waktu ulangan

Sikap dan perilaku yang mencerminkan ramah tamah
Tulislah sikap dan perilaku kamu terhadap hal-hal dibawah ini dengan memberi tanda cek ( v )
NO Perilaku Setuju Tidak setuju Kurang setuju
1 Temanmu marah-marah jika diperintah oleh gurunya
2 Membiarkan orang yang tersesat
3 Teman kamu selalu bicara tidak sopan kepada orang lain


4) Kelas IV

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar
1. Globalisasi artinya….
a. Berhubungan
b. Berkomunikasi
c. Mega dunia
d. Mendunia
2. Salah satu dampak dari kemajuan dalam bidang komunikasi adalah hubungan tatap muka antar saudara menjadi….
a. Akrab
b. Sering dilakukan
c. Jarang dilakukan
d. Tidak pernah dilakukan
3. Media yang paling cepat dalam memberikan informasi adalah
a. Televise
b. Radio
c. Majalah
d. Internet
4. Globalisasi selalu ada disekitar kita, sikapmu menghadapiny adalah
a. Biasa-biasa saja
b. Senang karena segalanya mudah
c. Mengikuti perkembangan melalui televisi
d. Belajar lebih giat
5. Akibat buruk akibat timbulnya arus globalisasi
a. Dapat mengubah perilaku
b. Aktivitas kerja menurun
c. Menjadi konsumen produk local
d. Jarang bertatap muka dengan saudara

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Hal positif yang dapat kamu lakukan dari arus globalisasi adalah…….
2. Budaya yang masuk dari luar harus disikapi dengan…….
3. Tananyan lngsung sepak bola liga Inggris dapat kita lihat melalui……..
4.

Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )

No Kegiatan Setuju Tidak setuju Kuarang Setuju
1 Tidak menonton film Luar Negeri
2 Menggunakan internet untuk belajar
3 Menggunakan telepon sesuai kebutuhan



Tuliskan sikap dan perilaku siswa ketika berdiskusi tentang Globalisasi
Lingkungan (Budaya) dengan memberikan tanda cek (v) dalam tabel yang
tersedia.

No. Contoh Perilaku Selalu Sering Tidak Selalu Sering Tidak Pernah
Pernah
1 Menjelaskan konsep globalisasi dan
budaya dengan jelas dan sopan
2 Mematuhi tata tertib dengan disiplin
selama diskusi berlangsung.
3 Menghargai pendapat oerang lain tentang
budaya traficking dan HAM yang
mengglobal
4 Tidak memaksakan kehendak dalam
diskusi
5 Mengajukan pendapat yang tajam tetapi
tetap sopan dan terkesan patuh





















5) Kelas V

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar

1. Pada awal kemerdekaan ,wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia meliputi.
a. 8 Propinsi
b. 9 Propinsi
c. 10 Propinsi
d. 11 Propinsi
2. Sejak proklamasi kemerdekaan ,bangs kita telah bertekat untuk hidup dalam bingkai
a. Negara Republik Indonesia Serikat
b. Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Negara Kesatuan Indonesia
d. Negara Indonesia Bersatu
3. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para….
a. Presidenya
b. Pemerintahannya
c. Penghianat bangsa
d. Pahlawanya
4. Usaha yang ingin memecah NKRI adalah
a. Perang Diponegoro
b. G 30 S PKI
c. Perang Padri
d. Perang Puputan
5. Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda – beda, tetapi tidak boleh mengalahkan kepentingan
a. Bangsa
b. Pemerintah
c. Presiden
d. Golongan

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Negara yang man adalah dambaan seluruh…..
2. Jika sering terjdi kerusuhan, maka kehidupan masyarakat kan menjadi tidak…….
3. Perbdaan suku dan budaya di Indonesia justru merupakan…….



SOAL
Baca soal ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda cek (V )

1. NKRI tidak perlu karena tidak mendidik bangsa tidak mandiri.
2. NKRI perlu karena sesuai dengan Sila tiga Pancasila.
3. NKRI perlu bangsa Indonesia krisis jati diri.
JAWABAN
No. Sangat Tidak Tidak Suka Biasa Suka Sangat Suka
Suka
1
2
3

No Kegiatan Selalu Sering Tidak Pernah
1 Gotong royong menyapu ruang kelas
2 Gotong royong membersihkan halaman sekolah
3 Mengikuti upacara bender

6) Kelas VI

Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar

1. Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tugas …….
a. Polisi
b. Hansip
c. Tentara
d. Semua warga
2. Penyelesaian sebuah masalah dapat dilakukan dengan cara…….
a. Kekerasan
b. Musyawarah
c. Berkelahi
d. Pengadilan
3. Sikap yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan potensi Negara ini ialah….
a. Etnosentrisme
b. Fanatisme
c. Toleransi
d. Saling mencurigai
4. Kerukunan hidup dalam masyarakat perlu di….
a. Gali
b. Pupuk
c. Tanam
d. Tukar
5. Sikap hidup yang mengganggu kerukunan hidup bermasyarakat adalah…
a. Fanatisme
b. Patriotisme
c. Nasionalisme
d. Demokratis
. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar !
1. Salah satu contoh menjaga persatun bangsa adalah………
2. Suatu masalah dalam masyarakat sebaiknya diselesaikan dengan cara….
3. Sebagai negara hukum, orang yang ketahuan mencuri harus diproses secara..



SOAL
Baca soal ini dengan teliti, kemudian pilih salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda cek (V )
1.Setiap masalah harus diselesaikan dengan cara kekeluargaan
2. Tidak boleh membedakan,suku,ras,dan budaya
3. Setiap warga wajib berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan
JAWABAN
No. Sangat Tidak Tidak Setuju Biasa Setuju Sangat Setuju
Setuju
1
2
3



Pilih salah satu jawaban yang cocok dengan pilihanmu, dan beri tanda cek (V )

No Perilaku Baik Tidak baik Sangat baik Sangat tidak baik
1 Menghakimi pencuri yang tertangkap
2 Menyelasaikan masalah dengan cara musyawarah
3 Berkata jujur dan terbuka

Tidak ada komentar: